Monday, March 12, 2012

Cinta Cinta Umar Bin Khottob

MAaf sebelumnya nie, banyak banget yang tanya siapa sih Istri sahabat umar bin Khottob, dalam pelajran pelajaran agama jarang banget nyebutin itu semua..
saya akan sedikit ngasih Ilmu nie gan...


Istri-istri Umar siapa????

Sesudah masa mudanya mencapai kematangan, Umar terdorong
ingin menikah. Kecenderungan banyak kawin ini sudah diwarisi dari
masyarakatnya dengan harapan mendapat banyak anak. Dalam hidupnya itu ia mengawini sembilan perempuan yang kemudian memberikan keturunan dua belas anak, delapan laki-laki dan empat perempuan.
Dariperkawinannya dengan Zainab putri Maz'un lahir Abdur-Rahman dan Hafsah; dengan Umm Kulsum putri Ali bin Abi Talib lahir Zaid yang lebih tua (senior) dan Ruqayyah; dengan Umm Kulsum binti Jarul1 bin Malik lahir Zaid yang lebih muda (junior) dan Ubaidillah. Islam telah memisahkan Umar dengan Umm Kulsum putri Jarul. Ia kawin dengan Jamilah binti Sabit bin Abi al-Aflah maka lahir Asim. Nama Jamilah yang tadinya Asiyah2, oleh Nabi diganti: Sebenarnya engkau Jamilah, kata Nabi. Perkawinannya dengan Umm Hakam putri al-Haris bin Hisyam bin al-Mugirah melahirkan Fatimah. Dari perkawinannya dengan Atikah binti Zaid bin Amr lahir Iyad. Luhayyah, hamba sahaya
ibu Abdur-Rahman anaknya yang menengah. Dari Fukaihah yang juga
hamba sahaya yang telah melahirkan Zaid, anaknya yang bungsu.
Kalangan sejarawan masih berbeda pendapat mengenai nama ibu
Abdur-Rahman junior dst....

No comments:

Post a Comment